Biaya Transfer BCA Ke Mandiri Dalam Berbagai Transaksi

biaya transfer bca ke mandiri

Jika kita bandingkan dengan bank lainnya, biaya transfer BCA ke Mandiri memang tidak terlalu tinggi. Bagi pengguna baru dari Bank BCA ataupun Bank Mandiri, sangat penting untuk memahami tarif transfer tersebut secara detail.

Tujuannya agar bisa mengelola keuangan dengan lebih baik dan efektif. Tentunya setiap bank memiliki regulasi masing-masing terkait biaya transfer ini. Namun sebagai salah satu bank terbesar di negeri ini, BCA memang memberikan tarif yang sangat terjangkau.

Ada beberapa opsi transfer yang bisa kamu pilih untuk meminimalisir biaya administrasi tersebut. Tentu saja Pada kesempatan kali ini kami akan mengulasnya sampai tuntas. Namun Jangan lupa untuk memahami istilah yang berkaitan dengan proses transfer itu sendiri.

Biaya Transfer BCA ke Mandiri

Sebagaimana sudah kami jelaskan sebelumnya, ada beberapa tipe transfer yang bisa kamu pilih dari rekening BCA ke Mandiri. Setelah kami rangkum dari sumber terpercaya ternyata ada 8 jenis transaksi yang bisa kamu lakukan dari kedua Bank tersebut

Jenis transfer yang bisa dipilih juga cukup beragam. Ada transfer via ATM, internet banking, M-Banking, kliring dan lain sebagainya. Lantas berapa biaya yang dibutuhkan untuk satu kali transfer tersebut? Langsung saja simak informasi selengkapnya pada poin-poin berikut ini.

  • Biaya transfer via ATM = Rp6.500
  • Biaya transfer via Internet Banking = Rp6.500
  • Biaya transfer via SMS Banking = Rp6.500
  • Biaya transfer via Mobile Banking = Rp6.500
  • Biaya transfer via Kliring = Rp5.000
  • Biaya transfer via RTGS = Rp25.000
  • Biaya transfer via BI Fast = Rp2.500
  • Biaya tarik tunai di ATM bank lain = Rp6.500

Informasi diatas, bisa kita lihat kalau biaya transfer BCA ke Mandiri berkisar di harga Rp2.500 hingga Rp25.000. Kamu hanya perlu memilih mana transaksi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget masing-masing.

Jenis Layanan Transaksi BCA ke Mandiri

Selain mengetahui biaya transfer BCA ke Mandiri yang sudah kami jelaskan diatas, penting juga untuk memahami pengertian dari jenis layanan transaksi tersebut. Ada tiga poin penting yang harus kamu pahami dengan baik terkait jenis transaksi ini.

1. Sistem Kliring

Sistem kliring merupakan sebuah proses transfer yang dilakukan dari satu bank ke bank lainnya. Dalam satu kasus, kamu memiliki sejumlah dana dari rekening A dan akan mentransfer sejumlah dana ke rekening B.

Sebelum proses transfer dilakukan pihak bank akan mengecek terlebih dahulu jumlah saldo yang dimiliki pada rekening A. Kalau jumlah saldo yang memadai maka proses pengiriman dana akan dilanjutkan ke rekening B.

Di dalam dunia perbankan proses pengecekan ini kita kenal dengan nama kliring. Ini merupakan salah satu fase yang sangat sentral dalam proses pemindahan dana dari 1 rekening ke rekening lain. Kliring juga berlaku dalam proses transfer di dalam Bank yang sama.

2. Real Time Gross Settlement (RTGS)

Selain memahami biaya transfer BCA ke Mandiri yang sudah kami jelaskan di atas, penting juga bagi kamu untuk memahami RTGS. Rtgs adalah Real Time Gross Settlement. Sederhananya kita bisa menganggap RTGS ini sebagai proses kliring yang jauh lebih cepat.

Hubungi proses kliring membutuhkan waktu dua hingga tiga hari kerja. Sedangkan proses RTGS ini hanya memerlukan waktu kurang lebih 4 jam saja. Proses pengecekan yang sangat cepat ini berpengaruh terhadap pengiriman dana ke rekening tujuan.

3. Real Time Online

Selain RTGS ada juga RTO atau Real Time Online. Ini merupakan sistem transfer dari satu rekening ke rekening lain yang paling umum digunakan oleh orang-orang. Sistem RTO sendiri bisa kamu temukan pada ATM, Aplikasi M-Banking, SMS Banking, Internet Banking dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, setiap bank selalu berusaha untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam proses transfer. Begitu juga dengan BCA yang sedang kami bahas ini. Karena itu penting bagi kamu untuk memahami biaya transfer BCA ke Mandiri yang sudah kami jelaskan di atas dengan baik.

Tags :
Tampilkan Komentar