Cara Mengurus Buku Tabungan BCA Hilang, Syarat dan Biaya

Cara Mengurus Buku Tabungan BCA Hilang

Buku tabungan jadi salah satu benda yang paling penting untuk nasabah bank, hal itu karena semua informasi tentang arus uang, akan tercatat di buku tabungan itu. Meskipun sekarang kebanyakan mendapat laporan arus uang lewat Mobile Banking atau Internet Banking, namun buku tabungan tetap dibutuhkan karena ada beberapa urusan yang membutuhkan buku tabungan itu. Lalu bagaimana jika buku tabungan BCA hilang?

Jika buku tabungan BCA kamu hilang, maka tidak perlu khawatir karena kamu hanya perlu memperhatikan bagaimana cara mengurus buku tabungan BCA hilang yang akan kami bahas di artikel ini.

Syarat dan Biaya Mengurus Buku Tabungan BCA yang Hilang

Jika buku tabungan BCA hilang dan mau mengurus buku tabungan, sebaiknya penuhi dulu beberapa syarat yang diajukan oleh pihak bank. Untuk tahu Apa saja persyaratan yang perlu dipenuhi oleh nasabah, baca penjelasannya di bawah ini.

  • Persiapkan bukti diri, seperti SIM atau KTP
  • Nasabah wajib membawa kartu ATM
  • Siapkan uang sebanyak 5 ribu untuk membayar biaya pembuatan buku tabungan baru

Persyaratan yang sudah disebutkan tadi, cukup berbeda dengan persyaratan yang perlu dipenuhi untuk membuat ATM baru apabila kartu ATM hilang. Jika mengurus buku yang hilang, maka kamu tidak wajib melaporkan kehilangan itu ke kantor Polisi, untuk mendapat surat keterangan kehilangan. Jadi, nasabah cukup mendatangi saja Kantor BCA terdekat, sambil membawa syarat-syarat yang sudah disebutkan tadi.

Tata Cara Mengurus Buku Tabungan BCA Yang Hilang

Nasabah BCA masih banyak yang mengabaikan atau menghiraukan buku tabungannya yang BCA hilang, padahal hal seperti itu tidak boleh dilakukan, karena buku tabungan sewaktu-waktu bisa dibutuhkan untuk melengkapi beberapa persyaratan yang diminta instansi tertentu.

Jadi, untuk nasabah yang merasa bukunya hilang, wajib cepat-cepat mengurus kehilangan itu, agar nantinya bisa cepat mendapat buku yang baru. Dan bagi Nasabah baru yang mengalami kejadian kehilangan buku, pastinya masih merasa bingung bagaimana cara mengurusnya, untuk mengurus kehilangan itu sebenarnya tidaklah sulit. Nasabah cukup mengikuti beberapa cara mengurus buku tabungan BCA hilang di bawah:

Hubungi Call Center BCA

Cara mengurus buku tabungan BCA hilang yang pertama adalah menghubungi call center terlebih dahulu. Nasabah wajib melaporkan kehilangan itu, kepada layanan bank lewat call center BCA dengan nomor 1500 888. Jika sudah melaporkan, nantinya pihak bank akan membuat langkah antisipasi agar buku bank yang hilang tidak disalahgunakan.

Pihak bank nantinya akan segera memblokir pemanfaatan buku itu, setelah memperoleh laporan dari nasabah. Jika buku sudah diblokir, maka buku itu tidak bisa dipakai untuk melakukan transaksi apa pun, supaya uang nasabah yang tersimpan di buku tabungan tidak hilang ataupun berkurang.

Datang ke Kantor BCA

Sesudah melaporkan kehilangan itu, nasabah harus mendatangi kantor BCA terdekat, untuk mendapatkan buku tabungan. Untuk nasabah yang tinggal di desa, bisa mendatangi kantor cabang yang mengeluarkan buku tabungan BCA hilang, alias tidak usah mendatangi kantor pusat yang ada di kota, karena jaraknya terlalu jauh.

Jangan lupa untuk membawa persyaratan sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas. Jika persyaratan tidak dibawa, maka otomatis penggantian buku tabungan BCA tidak akan bisa diproses.

Melaporkan Permasalahan

Sehabis nasabah hingga ke kantor segera saja mengambil antrian untuk pengurusan buku tabungan, sehabis nomor antrian dipanggil segera saja datangi petugas customer service yang tengah bertugas.

Nasabah tinggal ungkapkan saja tujuan berkunjung ke kantor itu, dan nantinya petugas customer service akan menambahkan beberapa pertanyaan, untuk mencocokkan informasi pemilik buku tabungan dan juga pihak yang melaporkan kehilangan.

Pertanyaan yang umumnya oleh petugas adalah lengkap pemilik tabungan, tempat tanggal lahir, alamat rumah, nomor telpon dan juga nama ibu kandung. Jika jawaban yang diberikan pelapor itu sesuai dengan informasi yang tersimpan di database Bank BCA, maka kehilangan buku itu akan langsung diproses.

Tunggu Buku Tabungan Baru

Sesudah menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan petugas, nasabah juga harus memberi tambahan informasi diri yang sudah dibawa. Nasabah diharuskan untuk menunggu 15 sampai dengan 20 menit, untuk merampungkan proses pembuatan buku baru.

Jika proses pengurusan buku tabungan BCA hilang sudah selesai, nantinya petugas akan menambahkan buku tabungan yang baru, dan nasabah diharuskan untuk membayar biaya administrasi.

Meski mengurus buku tabungan BCA yang hilang cukup merepotkan, namun kamu harus tetap melewati proses tersebut, agar bisa mendapatkan buku tabungan baru. Buku tabungan adalah bukti kepemilikan, yang sewaktu waktu bisa dibutuhkan, apalagi untuk kamu yang berprofesi sebagai seorang pebisnis. Maka jaga baik-baik, jangan sampai hilang, ya!

Tags :
Tampilkan Komentar