Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Tertelan

Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Tertelan

Kejadian kartu atm bca tertelan mesin ATM, masih sering terjadi dan dialami sebagian orang. Kendati demikian, mereka yang mengalaminya sering tidak tahu cara mengatasi masalah tersebut.

Agar tidak disalahgunakan pihak tak bertanggung jawab, nasabah diminta langsung melapor dan mengurus pemberitahuan ketika kartu ATM tertelan. Akan tetapi, sebelum melapor, ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Untuk itu, di bawah ini kami akan memberikan beberapa biasanya alasan penyebab dan cara mengatasi kartu ATM BCA tertelan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Tertelan

1. Pengguna terlalu lama tidak mencabut kartu

Menunda-Nunda untuk mencabut kartu dari mesin ATM, membuat kartu debit tertelan atau masuk ke mesin. Biasanya, tindakan tidak langsung mencabut kartu ini, karena nasabah lebih memilih menghitung uang terlebih dahulu, sehingga lupa untuk mengambil kartu debitnya dari mesin Atm.

Agar kejadian tersebut tidak terulang lagi, ada baiknya nasabah tidak lupa mencabut kartu debitnya langsung, baru dilanjutkan dengan menghitung uangnya, dan keluar dari ruangan pengambilan uang.

2. Mesin ATM error/hang karena mati listrik

Mesin ATM bekerja memakai listrik, jadi jika listrik mati secara mendadak saat Kamu belum selesai melakukan transaksi, maka kartu debit Kamu otomatis akan tertelan. Kartu itu tidak akan keluar lagi walaupun listrik sudah hidup lagi. Tapi, hal ini tidak bisa diprediksi atau dicegah, karena kita tidak tahu kapan listrik akan mati.

3. Salah memasukkan kode PIN

Selain itu, jika Kamu menekan PIN kartu debit, dan melakukan tiga kali kesalahan beruntun, maka kartu itu otomatis akan tertelan oleh mesin Atm. Biasanya, hal ini terjadi ketika nasabah sedang tidak fokus saat menekan Pin. Oleh karena itu, hindari pikiran lain ketika sedang menekan PIN agar kartu tidak tertelan.

Solusi Kartu Atm Tertelan

1. Solusi jika kartu ATM BCA tertelan

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication Bca, Hera F. Haryn mengatakan jika kartu ATM nasabah BCA tertelan, otomatis kartu itu udah terblokir. “Jika kartu ATM nasabah BCA tertelan, bisa kita katakana bahwa kartu ATM itu sudah otomatis terblokir,” ujar Hera. Ia menjelaskan, nasabah bisa melakukan dua cara untuk mendapat kartu debit baru. Dan berikut adalah caranya:

a.       Kantor Cabang BCA terdekat

Nasabah bisa mendapatkan kartu ATM baru, dan mengaktifkannya dengan cara menyiapkan KTP asli. Nasabah bisa melakukan proses ini pasa hari kerj, sesuaik peraturan jam operasional kantor cabang Bca.

b.       Mesin CS Digital

Mesin CS Digital merupakan layanan mutakhir, yang memberi tambahan kemudahan bagi nasabah untuk berbagai transaksi customer service secara self-service, dan bisa diakses 24/7 di lokasi-lokasi yang ditentukan.

Nasabah bisa mencetak kartu ATM baru lewat mesin CS Digital ini. Nasabah hanya perlu membawa KTP elektronik, sebagai alat verifikasi untuk transaksi di mesin CS Digital. “Penyebab tertelannya kartu ATM antara lain: ialah nasabah terkadang lupa mengambil kartu ATM sehabis laksanakan transaksi,” ujar Hera.

“Penyebab lainnya adalah nasabah pernah melaporkan hilang kartu ATM lama, dan sudah mendapat kartu ATM baru, maka kartu ATM lama akan tertelan saat digunakan oleh nasabah,” lanjut dia.

2. Solusi kartu ATM BRI tertelan

Perusahaan Secretary Bri, Aestika Oryza mengatakan, apabila nasabah BRI mengalami kartu debitnya tertelan mesin ATM, maka bisa dilakukan pemblokiran lewat aplikasi Brimo Bri. “Nah jikalau tertelan juga (Penduduk) di edukasi, agar langsung memblokir kartu lewat aplikasi Brimo BRI atau menghubungi contact center Bri,” ujar Aestika. Langkah-Langkah untuk memblokir kartu debit lewat aplikasi Brimo yakni:

  • Buka aplikasi Brimo, login dengan memasukkan username dan password akun Kamu
  • Pada tampilan awal, pilih “Rekening Lain” yang terletak pada pojok kanan atas layar
  • Klik “Melihat Detail”
  • Muncul kabar tentang detail rekening Kamu, pilih “Standing Kartu”
  • Nantinya, Kamu akan melihat keterangan Disable Kartu, di mana langkah ini untuk memblokir kartu debit Kamu. Pilih “Disable”
  • Keterangan Disable Kartu yang dimaksud, yakni: “Saya dengan ini secara jelas memberi tambahan instruksi kepada Bank Penduduk Indonesia lewat aplikasi Brimo untuk menonaktifkan Kartu ATM yang tertera di atas.”
  • Jika sudah menekan “Disable”, maka kartu debit Kamu udah otomatis terblokir. Tak hanya itu, Aestika mengimbau kepada nasabah BRI, untuk jangan mudah percaya kepada pemberian pihak asing yang tidak dikenal.
  • “Terus mempertahankan kerahasiaan information perbankan berasal dari pihak -Pihak yang bukan bertanggung jawab,” ujar Aestika. Ia juga berpesan bahwa saat melakukan transaksi sebaiknya periksa, dan pastikan bahwa card reader ATM tidak ada barang yang mencurigakan.

Dan itulah artikel tentang penyebab dan cara menanggulangi kartu atm yang tertelan. Caranya cukup mudah bukan? Semoga info di atas berfaedah, dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Jika ada sesuatu yang mau ditanyakan, bisa ditulis dikolom komentar, ya!

Tags :
Tampilkan Komentar