Cara Upgrade ke ShopeePay Plus, Syarat dan Keuntungannya

Cara Upgrade ke ShopeePay Plus

Cara upgrade ke ShopeePay Plus itu tidak sampai 10 menit kok. Akan tetapi proses verifikasinya memang tidak bisa instan. Butuh waktu setidaknya 24 jam untuk memastikan pengguna bisa menggunakan fitur penuh ShopeePay.

Mungkin isu keamanan data yang sedang ramai belakangan ini membuat orang-orang jadi ogah verifikasi pakai KTP. Akhirnya banyak yang menggunakan perantara dalam memanfaatkan fitur transfer saldo ShopeePay.

Lantas, ShopeePay Plus aman nggak sih, dan kenapa harus melakukan verifikasi dengan KTP? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Upgrade ke ShopeePay Plus dengan KTP

Hal yang kamu butuhkan cuma KTP dan HP yang sudah terpasang aplikasi Shopee. Pastikan pencahayaan ruangan memadai karena nantinya kamu akan diminta mengambil beberapa foto. Berikut cara upgrade ke ShopeePay Plus dengan KTP.

  1. Buka aplikasi Shopee kemudian masuk ke menu ShopeePay. Jika belum upgrade, maka akan muncul peringatan verifikasi pada beberapa fitur.
    Cara Upgrade ke Shopee Pay plus part 1
  2. Pada halaman ShopeePay ketuk “Upgrade Sekarang”.
    Amankah shopee pay plus
  3. Pilih Jenis Identitas (KTP) dan Pilih Kewarganegaraan Indonesia.
    cara upgrade shopeepay plus tanpa ktp
  4. Ketuk tombol kamera yang ada dibawah tulisan “Foto KTP/KITAS” untuk menambahkan foto KTP. Ambil gambar dengan pencahayaan yang bagus supaya semua tulisan di KTP terlihat jelas. Posisikan KTP yang akan difoto dengan bingkai yang disediakan oleh Shopee. Shopee memang tidak menyediakan upload gambar dari galeri untuk meminimalkan kecurangan atau penipuan. (Lihat gambar di nomor 8)
  5. Selanjutnya ketuk tombol kamera dibawah tulisan “foto diri bersama KTP”. Cukup tiru pose dengan melihat contoh foto disebelah. Pada pengambilan foto KTP dan selfie dengan KTP, pastikan tidak blur supaya proses verifikasi kamu cepat diterima dan harap sesuaikan dengan bingkai yang sudah disediakan Shopee. (Lihat gambar di nomor 8)
  6. Masukkan nama lengkap dan NIK sesuai KTP. (Lihat gambar di nomor 8)
  7. Gulirkan layar ke bawah untuk mengisi identitas lainnya, yang mencakup tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat sesuai KTP, pekerjaan, nomor HP dan nama ibu kandung. (Lihat gambar di nomor 8)
  8. Checklist pada kotak yang disediakan untuk menyetujui Syarat dan Ketentuan. Lalu ketuk timbol “Konfirmasi”.
    upgrade shopeepay plus gagal
  9. Selanjutnya akan masuk ke halaman Periksa Data Diri. Pastikan semua data yang dimasukkan sudah benar. Jika sudah yakin benar, ketuk tombol “Konfirmasi”
    berapa lama verifikasi shopeepay plus
  10. Informasi terkirim, dan sekarang akun ShopeePay kamu sedang dalam proses peninjauan oleh tim Shopee.
    keuntungan upgrade shopeepay plus

Gimana kalau KTP belum jadi atau kamu adalah warga negara asing? Cara upgrade ShopeePay Plus tanpa KTP sangat memungkinkan. Sebagai gantinya kamu bisa gunakan KITAS sebagai bukti identitas.

Berapa Lama Proses Verifikasi ShopeePay?

Beberapa orang mendapatkan status terverifikasi lebih cepat dari estimasi. Biasanya cuma beberapa jam sejak dia mengirim data.

Tetapi sebenarnya berapa lama upgrade ShopeePay Plus? Shopee menetapkan waktu 2×24 jam di hari kerja. Dalam kurun tersebut kamu akan segera mendapat kabar apakah mereka menerima atau menolak datamu.

Hari kerja di sini berarti tidak termasuk Sabtu, Minggu dan tanggal merah. Jadi ada baiknya kamu memverifikasi KTP ShopeePay saat weekdays.

Kalau butuh bantuan atau akun kamu tidak kunjung mendapat kabar, jangan ragu untuk segera bertanya ke CS Shopee.

Untuk Apa Verifikasi Shopeepay?

ShopeePay adalah e-wallet, sama seperti OVO, DANA, LinkAja, dan semacamnya. Tujuan pengguna melakukan verifikasi umumnya supaya bisa menarik dan mengirim saldo. 

Jadi, apakah ShopeePay plus bisa dicairkan? Bisa, asalkan akun kamu sudah terverifikasi.

Tanpa upgrade ke ShopeePay Plus, akun kamu cuma bisa dipakai buat pembayaran online di aplikasi Shopee dan lainnya.

Amankah Shopee Pay Plus?

Sejak pertama dirilis ShopeePay sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia dan pengawasan OJK. Dengan kata lain, transaksi digital resmi semacam ini seharusnya terbilang aman.

Kendati demikian, ketidakamanan penggunaan ShopeePay justru sering datang dari kelalaian si pengguna sendiri. Contohnya seperti kasus penipuan dengan modus mentransfer saldo. Untuk meminimalisir hal-hal seperti itu sebaiknya kamu lebih berhati-hati dan lebih bijak lagi. Jika kamu punya lebih dari satu nomor ponsel, sebaiknya kamu pisahkan mana nomor yang biasa didaftarkan di aplikasi-aplikasi seperti Shopee (Shopee pay), DANA, GOPAY dan sebagainya serta mana nomor yang kamu gunakan untuk keperluan pribadi kamu.

Apa Bedanya Shopeepay dan Shopeepay Plus?

Untuk mengetahui perbedaan keduanya, simak tabel perbandingan di bawah ini.

ShopeePay [Reguler] ShopeePay Plus
  • Bisa untuk pembayaran online.
  • Menerima pembayaran.
  • Saldo maksimum Rp2.000.000.
  • Mendukung QRIS.
  • Semua manfaat di ShopeePay
  • Limit ShopeePay Plus hingga Rp10.000.000.
  • Mengirim saldo ke pengguna lain.
  • Meminta dana dari pengguna lain.
  • Tarik dana ke rekening bank.
  • Promo spesial.

Kenapa Gagal Verifikasi Shopeepay?

Sudah mengikuti langkah-langkah di atas tetapi verifikasi tidak diterima, alias gagal? Mungkin kamu melakukan beberapa kesalahan mendasar seperti:

  • Salah mengisi identitas (typo, kurang data, dll),
  • KTP/dokumen identitas rusak,
  • Foto yang dikirim blur atau kurang jelas,
  • KTP sudah pernah dipakai sebelumnya.

Satu dokumen identitas cuma bisa digunakan oleh satu orang. Sementara tiga masalah lainnya bisa kamu perbaiki dengan verifikasi ulang.

Banyak keuntungan upgrade ShopeePay Plus yang bisa kamu manfaatkan untuk bertransaksi secara online. Terkadang Shopee juga memberi bonus saldo bagi para pendaftar baru.

Jika panduan cara upgrade ke ShopeePay Plus di atas tidak cukup membantu, hubungi pihak CS untuk bertanya. Selamat mencoba!

Tags :
Tampilkan Komentar